Jumat, 09 Maret 2012

DRAMA "kehidupan soaial"


Di suatu rumah yang sangat kecil dan sederhana hiduplah seorang janda dan anak tunggalnya bernema Rani. Ibu rani bekerja sebagai pembantu di rumah tetangganya yang kaya. Majikannya juga mempunyai putrid yang seumuran dengan rani yang bernama Suci.
Pada pagi yang sangat sejuk di sebuah ruangan yang sangat sempit, Rani termenung sendiri  memikirkan sesuatu. Beberapa saat kemudian ibunya dating menghampirinya.
Ibu       : “ Nak, kamu kenapa?”
Rani     :” Saya nggak kenapa-kenapa bu’.”
Ibu       :” nggak usah bohong nak, ibu tau apa yang sedang kamu pikirkan, ceritakan saja sama ibu nak,!”
Rani     :” ya bu, saya memikirkan bagaiman saya bisa sekolah lagi seperti yang dulu.”
Ibu       :” nak maafin ibu yang nggak sanggup melanjutkan sekolah kamu, tapi ibu janjji akan berusaha semampu ibu agar kamu bisa sekolah lagi.”
Rani     :”saya mengerti dengan keadaan kita yang sekarang.”
Ibu       :“ ya sudah nak, ibu pergi kerja dulu biar majikan ibu nggak marah.”
Rani     :”saya boleh ikut bantu ibu?”
Ibu       :” ya nak!”
           
            Pada saat rani sedang mengepel lantai dirumah majikan ibunya, nonya majikan sangat iba, bahwa anak seusia dia sudah mau bekerja membantu ibunya, berbeda sekali dengan anaknya. Kemudian nonya menghampiri Rani.
Nyonya           :” Rani, kamu anak yang rajin mau membantu pekerjaan ibumu, apa kamu masih sekolah ?”
Rani                 :”saya sudah berhenti sekolah semenjak ayah saya meninggal.”
Nyonya           :” seharusnya anak seusia kamu masih sekolah.”
Rani                 :”ya sih bu’ tapi bagaimana biaya untuk sekolah tidak ada.”
Nyonya           :”kalau soal biaya kamu nggak usah khawatir, ibu yang akan membiayai sekolah kamu. Dulu ibumu pernah bercerita kalau kamu anak yang pintar, sayangkan kalau nggak di lanjutin
Rani                 :” tapi bu !”
Nyonya           :”nggak usah tapi-tapian, minggu depan kamu mulai masuk sekolah bersama dengan anak ibu Suci.”

            Suci tidak sengaja mendengar percakapan mamanya dengan Rani.
Suci                 :”ma kenapa sih harus membiayai sekolahnya Rani, anak bukan keluarga juga bukan (dengan muka yang kesal)
Nyonya           :” nggak apa-apa  Suci !, sayang kan kalau anak sepintar dia nggak di lanjutin, seharusnya kamu mencontoh sifatnya Rani.”
Suci                 :” tapi ma, dia kan anak kampong, masa anak majikan satu sekolah sama anak pembantunya, iiihhhh nggak dEchh,..”
Nyonya           :” sudah Suci jangan banyak protes! Mulai minggu depan kamu harus berangkat sekolah sama Rani.”
            Lalu suci meninggalkan ruangan itu dengan muka yang sangat kesal dan jengkel pada mamanya dan Rani.

            Pada suatu hari di halaman sekolah, dua sehabat sejati sedang bercakap-cakap.
Suci                 :” iihh saya lagi kesel banget niih!”
Ely                   :”kesel sama siapa chy, cerita dunk sama Ely?”
Suci                 :” iihhh kamu tau kan anak baru yang sok itu, sok pinter lah, sok cari perhatian banyak orang lah, malees saya lihat jadinya.”
Ely                   :”oohhhh,.. anak baru sii Rani itu, emang dah dia itu anaknya sok cari perhatian, sok polos lah tapi kenyataannya dia itu munafik!”
Suci                 :”bener banget dah Lhy, awas aja saya bakalan balas semuanya”
Ely                   :”okeey,.Ely akan bantuin apa yang terbaek buat kamu”

            Sepulang dari sekolah, Rani bertemu dengan Suci di ruang tamu rumahnya.
Suci                 :”echhhh Rani (menampar Rani dengan keras)”
Rani                 :”suci apa salah saya sampai kamu tega menampar saya?”
Suci                 :”banyak sekali salah kamu sama saya, kamu sudah buat semua orang yang aku sayangi nggak peduli lagi sama saya.”
Rani                 :”sekarang apa yang bisa saya lakukan untuk kamu?”
Suci                 :”saya mau kamu dan ibumu berhenti bekerja di rumahku dan kamu berhenti sekolah.”
Rani                 :”sebulumnya saya minta maaf chy, kalau selama ne kehadiran saya membuat kamu merasa tidak nyaman dan tersaingi, tapi saya mohon jangan  pecat ibuku dan izinkan dia tetap bekerja disini sekali pun saya harus berhenti sekolah. Saya akan lakukan apa yang terbaek buat kamu dan kesenanganmu, saya nggak mau lihat orang lain sakit atau sedih Cuma gara-gara saya.
            Suci terdiam sejenak mendengar perkataan Rani tadi.
Suci                 :” Rani maafin saya, selama ne saya menilai kamu sebelah mata. Ternyata hatimu begitu tulus.”
Rani                 :” ya suci, dari dulu saya sudah maafin kamu (saling berpelukan)

            Akhirnya suci menyadari bahwa perbuatannya selama ini salah dan tidak terpuji. Sekarang suci dan rani menjadi sahabat baek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar